Rencana Strategis BPK RI 2016 – 2020

Renstra BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara tahun 2016-2020 merupakan kelanjutan dari Renstra BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara tahun 2011-2015, yang merupakan Rencana Jangka Menengah Pelaksanaan tugas dan kewenangan BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara Tahun 2016-2020. Karenanya kondisi pencapaian renstra sampai dengan tahun 2015 menjadi salah satu pertimbangan renstra ini.

Selain mendasarkan pada pencapaian dan evaluasi Renstra BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara tahun 2011-2015, penyusunan Renstra BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara tahun 2016-2020 juga dilandasi oleh perkembangan lingkungan strategis yang diharapkan dicapai dalam lima tahun ke depan, yang dapat diketahui dari kebijakan pemeriksaan tahun 2016-2020, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Maluku Utara tahun 2014-2019 dan memperhatikan kebutuhan mendesak yang menjadi perhatian publik serta permintaan pemangku kepentingan. Dengan demikian, tugas dan wewenang BPK dalam melaksanakan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara/daerah dapat secara nyata diimplementasikan oleh lembaga perwakilan, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk pengambilan keputusan sesuai tugas dan wewenang masing-masing untuk pencapaian tujuan negara.

Kehadiran BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara yang diresmikan sebagai kantor perwakilan pada tahun 2007, telah memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan peningkatan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara/daerah di wilayah Provinsi Maluku Utara. Hal ini setidaknya dapat ditunjukkan dari capaian opini sebagai indikator perbaikan tata kelola keuangan daerah. Dari 11 entitas pemerintah daerah, 3 pemerintah daerah telah memperoleh opini WTP pada tahun 2015 atas pengelolaan tahun 2014. Kondisi ini meningkat dari capaian opini tahun-tahun sebelumnya dimana opini paling tinggi yang diberikan adalah opini WDP. Kontribusi positif tersebut tidak lepas dari upaya untuk selalu meningkatkan kualitas pemeriksaan dengan didasarkan pada tiga nilai dasar BPK yakni integritas, independensi dan profesionalisme dalam setiap pelaksanaan tugas pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara.

Buku Rencana Strategis BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara